welcome to my blog

Kepada semuanya yang membuka blog ku selamat datang.
Karena ini adalah blog pertamaku jadi mohon komentar dan sara nnya untuk memperbaiki segala sesuatu yang kurang dalam blog ini dan selamat menikmati blog ini. Terimakasih

Friday, October 8, 2010

Sushi


Sushi
original dari jepang, sejarah nya dulu ada yang suka ngawetin ikan make cuka beras nah asal nya tuh cara ngawetin dari pegunungan di asia tenggara.
sushi itu artinya "itu (berasa) masam"
Dasar ilmiah di balik proses fermentasi ikan yang dikemas di dalam nasi ialah bahwa cuka yang dihasilkan dari fermentasi nasi menguraikan asam amino dari daging ikan. 
Hasilnya ialah salah satu dari lima rasa dasar, yang disebut umami dalam bahasa Jepang
Nigirizushi dikenal di Jepang sejak zaman Edo.
Sebelum zaman Edo, sebagian besar sushi yang dikenal di Jepang adalah jenis oshizushi. (sushi yang di bentuk dengan cara di tekan tekan di wadah persegi) 
dulu 1 porsi sushi sama dengan 9  porsi jaman sekarang 
sampe tahun 1970an sushi masih termasuk makanan mewah rakyat biasa di jepang biasanya hanya makan sushi hanya pada saat merayakan acara acara  besar di jepangdan terbatas pada sushi pesan antar,
biasa nya sushi di gunakan untuk menyogok istri yang menunggu di rumah sampai larut malam.  Makan sushi sebagai acara seluruh anggota keluarga terwujud di tahun 1980-an sejalan dengan makin meluasnya kaitenzushi.




sumber wikipedia

No comments: