welcome to my blog

Kepada semuanya yang membuka blog ku selamat datang.
Karena ini adalah blog pertamaku jadi mohon komentar dan sara nnya untuk memperbaiki segala sesuatu yang kurang dalam blog ini dan selamat menikmati blog ini. Terimakasih

Thursday, April 19, 2012

PBO: inheritance & Polymorphic

Yap 1 lagi tugas pemrograman java kali ini saya diberikan 2 tugas sekaligus ahahahaha, yap kali ini tentang inheritance & Polymorphic, untuk pengertian nya masing masing nya, saya tulis secara gari besar nya saja. and btw tanpa panjang lebar berikut penyelesaian tugas nya

Pewarisan (in heritance)

inheritance (penurunan sifat / pewarisan), ini merupakan ciri khas dari OOP yang tidak terdapat pada pemrograman prosedural gaya lama. Dalam hal ini, inheritance bertujuan membentuk obyek baru yang memiliki sifat sama atau mirip dengan obyek yang sudah ada sebelumnya (pewarisan). Obyek turunan dapat digunakan membetuk obyek turunan lagi dan seterusnya. Setiap perubahan pada obyek induk, juga akan mengubah obyek turunannya. Susunan obyek induk dengan obyek turunannya disebut dengan hirarki obyek.

Atau Inheritance yaitu pewarisan sifat-sifat suatu object kepada object turunannya.

Contoh program javanya :


class Titik{

/*kelas yang digunakan untuk mengimpelementasikan sebuah tipe titik*/


  private int x; /*koordinat x*/
  private int y; /*koordinat y*/


  Titik(){
    /*konstruktor*/
    x = 0;
    y = 0;
  }

  Titik(int xp, int yp){
    /*konstruktor*/
    x = xp;
    y = yp;
  }

  public void setX(int xp){
    /*mengeset nilai koordinat x*/
    x = xp;
  }

  public int getX(){
  /*mengembalikan nilai koordinat x*/
    return x;
  }

  public void setY(int yp){
    /*mengeset nilai koordinat y*/
    y = yp;
  }

  public int getY(){
  /*mengembalikan nilai koordinat y*/
    return y;
  }

  public void finalize(){
    /*destruktor*/

  }

}

class Titik3D extends Titik{

  /*kelas turunan kelas Titik*/

  private int z; /*koordinat z*/

  Titik3D(){
    /*konstruktor*/
    z = 0;
  }

  Titik3D(int xp, int yp, int zp){

    /*konstruktor*/
    setX(xp);
    setY(yp);
    z = zp;
  }

  public void setZ(int zp){
    /*mengeset nilai koordinat z*/
    z = zp;
  }

  public int getZ(){
  /*mengembalikan nilai koordinat z*/
    return z;
  }

}

class CobaTitik3D{
/*metode main untuk mengetes kelas Titik dan kelas Titik3D*/

  public static void main(String[] args) {
    Titik3D t = new Titik3D(0, 0, 7);

    t.setX(28);
    t.setY(1);

    System.out.println("t : nilai X : " + t.getX());
    System.out.println("t : nilai Y : " + t.getY());
    System.out.println("t : nilai Z : " + t.getZ());

  }

}


Polymorphic (Banyak bentuk)

Polymorphism, suatu aksi yang memungkinkan pemrogram menyampaikan pesan tertentu keluar dari hirarki obyeknya, dimana obyek yang berbeda memberikan tanggapan/respon terhadap pesan yang sama sesuai dengan sifat masing-masing obyek.

Atau Polymorphic dapat berarti banyak bentuk, maksudnya yaitu kita dapat menimpa (override), suatu method, yang berasal dari parent class (super class) dimana object tersebut diturunkan, sehingga memiliki kelakuan yang berbeda.

Contoh program java nya :



class Titik{

/*kelas yang digunakan untuk mengimpelementasikan sebuah tipe titik*/


  private int x; /*koordinat x*/
  private int y; /*koordinat y*/


  Titik(){
    /*konstruktor*/
    x = 0;
    y = 0;
  }

  Titik(int xp, int yp){
    /*konstruktor*/
    x = xp;
    y = yp;
  }

  public void setX(int xp){
    /*mengeset nilai koordinat x*/
    x = xp;
  }

  public int getX(){
  /*mengembalikan nilai koordinat x*/
    return x;
  }

  public void setY(int yp){
    /*mengeset nilai koordinat y*/
    y = yp;
  }

  public int getY(){
  /*mengembalikan nilai koordinat y*/
    return y;
  }

  public void printTitik(){
    /*menampilkan nilai koordinat titik*/
    System.out.println("nilai X : " + getX());
    System.out.println("nilai Y : " + getY());
  }

  public void finalize(){
    /*destruktor*/

  }

}

class Titik3D extends Titik{

  /*kelas turunan kelas Titik*/

  private int z; /*koordinat z*/

  Titik3D(){
    /*konstruktor*/
    z = 0;
  }

  Titik3D(int xp, int yp, int zp){

    /*konstruktor*/
    setX(xp);
    setY(yp);
    z = zp;
  }

  public void setZ(int zp){
    /*mengeset nilai koordinat z*/
    z = zp;
  }

  public int getZ(){
  /*mengembalikan nilai koordinat z*/
    return z;
  }

  public final void printTitik(){
    /*menampilkan nilai koordinat titik*/
    System.out.println("nilai X : " + getX());
    System.out.println("nilai Y : " + getY());
    System.out.println("nilai Z : " + getZ());
  }

}

class CobaTitik3DP{
/*metode main untuk mengetes kelas Titik dan kelas Titik3D*/

  public static void main(String[] args) {
    Titik3D t = new Titik3D(0, 0, 7);

    t.setX(28);
    t.setY(1);

    t.printTitik();

    Titik t1;
    System.out.println("====================");
    t1 = t;

    t1.printTitik();

  }

}


By Rachmandani Ardiyanto (55410497)& dedi saputra S (51410758)

No comments: