Di suatu Pertemuan saya di beri tugas oleh dosen Java..
tugas nya itu seperti ini :
1. jelaskan perbedaan pemrograman terstruktur dan berorientasi objek
2. apa yang dimaksud dengan enkapsulasi?
buat program sederhana yang mengimplementasikan konsep berorientasi objek & enkapsulasi....
Nah untuk itu saya akan mengpost hasil nya...
postingan ini bertujuan juga untuk memenuhi tugas Ibu naeli..
1. jelaskan perbedaan pemrograman terstruktur dan berorientasi objek
Object Oriented Programing atau yang biasa dikenal dengan OOP adalah suatu pemrograman yang mengarah pada objek. Object oriented juga disebut sebagai paradigma pemrograman.
Procedural Programming atau biasa disebut dengan pemrograman terstruktur adalah pemrograman yang disusun berdasarkan urutan tertentu.
Perbedaan mendasar antara OOP dan pemrograman terstruktur adalah:
Dengan menggunakan OOP maka dalam melakukan pemecahan suatu masalah kita tidak melihat bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah tersebut (terstruktur) tetapi objek-objek apa yang dapat melakukan pemecahan masalah tersebut. Sedangkan untuk pemrograman terstruktur, menggunakan prosedur/tata cara yang teratur untuk mengoperasikan data struktur
Untuk tata nama, keduanya pun memiliki tatanan yang sama walaupun memiliki pengertian tersendiri:
object oriented menggunakan “method” sedangkan terstruktur menggunakan “function”. Bila di OOP sering didengar mengenai “objects” maka di terstruktur kita mengenalnya dengan ” modules”. Begitu pula halnya dengan “message” pada OO dan “argument” pada terstruktur. “attribute” pada OO juga memiliki tatanan nama yang sepadan dengan “variabel” pada pemrograman terstruktur.
Sumber http://darkdevil4bloodyvenus.wordpress.com/2009/05/04/tugas-pti-oop-vs-pemrograman-terstruktur/
2. apa yang dimaksud dengan enkapsulasi?
enkapsulasi dapat di anggap sebagai sebuah bungkusan enkapsulasi inilah yang di implementasikan dalam sebuah kelas bahwa di dalam sebuah kelas terdiri dari atribut dan methode yang di bungkus dalam suatu kelas enkapsulasi pada sebuah kelas bertujuan untuk melindungi atribut dan yang method method yang ada di dalam kelas agar tidak sembarangan diakses oleh kelas lain
THe LaST oNe : buat program sederhana yang mengimplementasikan konsep berorientasi objek & enkapsulasi....
inilah program nya
class Titik{
/* kelas yang di gunakan untuk mengimplementasikan sebuah tipe titik */
private int x; /* kordinat X */
private int y; /* kordinat Y */
Titik(){
/* konstruktor Harga awal X & Y */
x=0;
y=0;
}
Titik (int xp, int yp) {
/* Konstruktor Persamaan nilai X & nilai Y */
x=xp;
y=yp;
}
public void setX(int xp){
/* Mengeset nilai kordinst X */
x=xp;
}
public int getX(){
/* mengembalikan nilai koordinat X */
return x;
}
public void setY(int yp){
/* Mengeset nilai kordinst Y */
y=yp;;
}
public int getY(){
/* mengembalikan nilai koordinat Y */
return y;
}
public void finalize(){
/* destructor */
}
}
class CobaTitik{
/*Metode main untuk mengecek kelas coba titik*/
public static void main(String[]args) {
Titik t1 = new Titik();
Titik t2 = new Titik(11,9);
t1.setX(18);
t1.setY(28);
System.out.println("t1 : nilai X : " + t1.getX());
System.out.println("t1 : nilai Y : " + t1.getY());
System.out.println("t2 : nilai X : " + t2.getX());
System.out.println("t2 : nilai Y : " + t2.getY());
}
}
BY Rachmandani Ardiyanto (55410497)& dedi saputra S (51410758) (blog dedy: http://dedytriwan.blogspot.com )
dan ini output nya
thanks For Reading
No comments:
Post a Comment